Gallery Cosplay
Cosplay
Today Cosplay
Cosplay

Saturday, April 23, 2011

Sejarah dan sepak terjang Benny And Mice

Masih tahu enggak dengan Benny and Mice ? Itu Kartun yang diterbitkan di Koran KOMPAS.Benny and Mice diciptakan oleh Benny Rachmadi dan Muhammad Misrad.
Untuk lebih jelas mengenai profil dari pembuat kartun Benny and Mice simak dibawah ini.



Nama:Benny Rachmadi
Lahir :Samarinda, 23 Agustus 1969
Pendidikan:
-SD sampai lulus SMA pada 1988 di Samarinda
-Desain Grafis Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta, 1993
Istri: Anna Zuchriana, pengajar di IKJ
Pekerjaan:
-Sejak 1998 menjadi kartunis di tabloid dan harian “Kontan”
-Sejak 2003 mengisi kartun “Benny & Mice” di “Kompas” Minggu

Nama: Muhammad Misrad
Nama panggilan: Mice
Lahir: Jakarta, 23 Juli 1970
Pendidikan:
-SD sampai lulus SMA pada 1988 di Jakarta
-Desain Grafis Fakultas Seni Rupa IKJ, 1993
Pekerjaan:
-Ilustrator dan perancang grafis lepas
-Sejak 2003 mengisi kartun “Benny & Mice” di Kompas Minggu

Benny dan Mice adalah teman “seperjuangan” sejak kuliah Desain Grafis, Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Duet mereka mengerjakan kartun berawal saat diserahi membuat koran dinding IKJ.

“Tadinya isi koran itu tulisan ilmiah, misal membahas sejarah seni rupa. Waktu kami yang bikin, temanya diubah menjadi kejadian sehari-hari,” cerita Mice. Dari koran dinding inilah hobi usil dengan kartun dimulai.

Waktu itu ada mahasiswa yang kelakuannya “aneh”, suka masuk ke berbagai komunitas bermodalkan omdo, omong doang. “Kita buatkan kartun dia. Tapi bukannya marah, dia malah senang,” kata Benny.

Benny sejak kecil senang menggambar. Walaupun besar di Samarinda, Kalimantan Timur, ia sudah bercita-cita belajar desain grafis di Jakarta. Maka, setelah lulus SMA, Benny masuk IKJ.
Berbeda dengan Mice, lajang kelahiran Jakarta ini menjadi kartunis gara-gara terkesan billboard iklan. Maka masuklah dia ke IKJ. “Awalnya orangtua tidak setuju karena zaman dulu kan orangtua mengidolakan dokter dan insinyur,” cerita Mice.

Benny dan Mice mulai menampilkan karya secara luas ketika mendapat pesanan membuat ilustrasi buku pada 1997-1998. Judul bukunya masih mereka kenang: Matinya Ilmu Ekonomi, saduran dari The Death of Economics karya Paul Ormerod.

Setelah penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) melihat coretan mereka, muncul ide agar Benny dan Mice membuat buku sendiri. “Lalu dirundingkan ide itu, pengalaman di koran dinding cukup membantu karena kami terbiasa bekerja sebagai tim,” kata Benny.

Keluarlah buku mereka dengan seri Lagak Jakarta terbitan KPG. Tahun 1997-1999 mereka membuat enam judul buku. Buku-buku itulah yang kemudian diterbitkan lagi dalam Satu Dekade Lagak Jakarta Edisi Koleksi 1 & 2 (2007). Sedangkan Kartun Benny & Mice: Jakarta Luar Dalem (2007) terbitan Nalar berisi kartun mereka yang dimuat di Kompas.

Selain membuat kartun secara lepas untuk media massa, Benny sejak 1998 bergabung dengan Kontan. Sementara Mice memilih bekerja freelance. Pada kurun 1993-2002 Benny sempat mengajar di IKJ, sedangkan Mice mengajar di jurusan yang sama, Desain Grafis IKJ, periode 1994-1996. Sekarang mereka tidak mengajar lagi. “Karena sudah tidak dibutuhkan, he-he-he,” celetuk mereka.

Sumber : http://nalar.co.id/kritik-ketawa-ala-benny-mice-335.php





Visitor